Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 22 Mei 2014

Pemkab Asahan Terima Kunjungan Pasis Direg Seskoal Angkatan ke 52



Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 071/Humas/SP/05/2014
Tanggal            : 22 Mei 2014

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menerima kunjungan forum strategi II perwira siswa (pasis) pendidikan regular (direg) sekolah staf dan komando angkatan laut (seskoal) angkatan ke 52, Kamis, 22 Mei 2014 diaula Melati Pemkab Asahan.


Kedatang perwira laut tersebut langsung diterima Wakil Bupati Asahan, Surya Bsc bersama forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) Asahan serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Kunjungan pasis dirangkai dengan diskusi tentang potensi laut yang nantinya dijadikan sebagai pertahanan nasional.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Bupati Asahan memaparkan sejumlah item peran pemerintah daerah dalam mengelola sumber daya nasional guna mendukung penyelenggaraan pertahanan negara. Pemkab Asahan sendiri memiliki isu proritas tentang pertahanan dan keamanan daerah. Karena Asahan memiliki letak geografis yang menghadap langsung ke Selat Malaka sehingga kemungkinan dijadikan tempat transit, penyusupan sistemik jaringan teroris serta penyusupan barang illegal dan berbahaya. Seperti Narkoba.

Selain itu, Wakil Bupati Asahan juga memaparkan pembangunan diwilayah pesisir Kabupaten Asahan serta persoalanya. “ Kita berharap dari pertemuan ini akan dapat bahan untuk mendukung ketahanan diwilayah pesisir serta kebijakan-kebijakan yang membantu perkembangan perekonomian, “ kata Wakil Bupati Asahan.

Disamping itu, Wakil Bupati menambahkan, dalam kerjasama lintas sektoral dalam rangka peningkatan kualitas pertahanan dan keamanan serta penguatan wilayah pesisir, Pemkab Asahan telah memberikan bantuan pembangunan prasarana Perkantoran Makolanal, Polres dan Kodim 0208/AS. Selain itu, kerjasama TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD dan Karya Bhakti.

Pimpinan rombongan Pasis Dikreg Angkatan ke-52, Kolonel Laut Mukminin Wibayu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas pertemuan yang diterima Wakil Bupati Asahan, termasuk pemberian informasi yang diberikan kepada para pasis selama menjalani Kuliah Kerja Forum Strategi II.

Dijelaskannya, bahwa kuliah kerja pasis Seskoal ini merupakan salah satu dari rangkaian empat forum strategi yang bertujuan menyiapkan para perwira siswa untuk menjadi perencana, pelaksana dan pemikir strategi bidang pertahanan Negara dilaut.

“ Disamping itu, sekaligus sebagai calon pemimpin TNI di masa mendatang yang mampu mengambil keputusan terbaik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dan lebih khusus lagi dalam konteks strategi pertahanan Negara dilaut yang memberdayakan segala potensi yang dimiliki oleh bangsa dan Negara ini,” kata Kolonel Laut Mukminin.

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-52 berjumlah 170 orang. Mereka selanjutnya ditempatkan di 6 lokasi diantaranya 26 orang di Medan, 24 orang di Tanjung Balai Asahan, 30 orang di Pekanbaru, 30 orang di Tanjung Balai Karimun, 30 orang di Batam dan 30 orang di Tanjung Pinang.

Mukminin menjelaskan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Kuliah Kerja Forum Strategi I dimana selurus Pasis telah melaksanakan analisa perkembangan lingkungan strategi dalam menentukan prioritas ancaman dan menentukan strategis pertahanan Negara dilaut dalam rangka menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selesai menjalani pendidikan ini, kami akan kembali ke Jakarta dan melanjutkan Kuliah Kerja Forum Strategi III untuk pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam rangka menghadapi ancaman-ancaman tersebut. Jadi kami ingin menggali pemanfaatan sumber daya nasional di bidang maritime dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan di laut dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI,” kata Kolonel Mukminin 


Usai dari pertemuan, pihak Pemkab Asahan dan rombongan Pasis Direg Seskoal Angkatan ke 52 melakukan pertukaran cendramata berupa plakat dari masing-masing pihak.
(HUMAS-1)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar