Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 22 Mei 2014

Pemkab Asahan Tetap Proritaskan Sektor Pertanian


Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 070/Humas/SP/05/2014
Tanggal            : 22 Mei 2014

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan tetap memproritaskan bantuan pada sektor pertanian. Karena dari sektor pertanian tersebut masyarakat Asahan dapat menikmati beras yang bermutu.


Hal ini disampikan Bupati Asahan dalam acara turun semai di dusun I Desa Pertahanan, Kecamatan Sei Kepayang yang dihadiri oleh ratusan petani disekitar Kecamatan, Rabu Sore, 21 Mei 2014. Keseriusan Pemkab Asahan terhadap sektor pertanian terbukti bahwa pada tahun 2014 sejumlah bantuan akan diserahkan kepada kelompok tani. Mulai pengadaan bibit unggul, handtraktor, jalan usaha tani pengembangan irisagsi hingga bantuan dana pengembangan usaha argobisnis pedesaan.

“ Dalam kepemimpinan saya, sektor pertanian tetap akan diproritaskan. Tentunya kebutuhan petani yang ada didaerah pertanian, khususnya daerah lumbung padi Asahan akan saya sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, “ kata Bupati Asahan.

Pertemuan dengan petani yang dirangkai dengan dialog interaktif tersebut, Bupati Asahan juga mengajak masyarakat petani untuk terus meningkatkan gerakan pertanaman padi, agar Kabupaten Asahan yang saat ini menuju swasembada pangan. Tentunya hal harus ditopang dengan keseriusan pemerintah serta kerjasama yang kuat dengan para petani.

Terkait acara turun semai, Bupati Asahan menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap alam yang menjadi media, agar bibit yang disemaikan nantinya akan tumbuh subur terhindar dari serngan hama, penyakit dan terhindar dari dampak fenomena iklim sehingga nantinya akan memperoleh hasil yang diharapkan.

Selain itu, Bupati Asahan juga meminta penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk meningkatkan kinerjanya didalam membina petani dan kelompok tani serta  harus lebih dekat dengan petani, hal ini dilakukan agar produktifitas dan pendapatan petani meningkat dan swasembada beras dapat terwujud. Begitu juga dengan Dinas terkait supaya terus melaksanakan pembinaan lanjutan untuk keberhasilan program.

Sementara itu, laporan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Ir Oktoni Eryanto MMA menyebutkan bahwa turun semai dilakukan untuk memberikan motivasi dan mempercepat pembangunan pertanian serta produktifitas pencapaian swasembada beras tahun 2014. Pada tahun ini target tanam di Sei Kepayang seluas 5472 hektar. Maka itu diharapkan kepada kelompok tani agr mengejar target tanam tersebut.

Kepala Dinas Pertanian ini juga meminta kepada para petani untuk tidak menunggu benih subsidi, karena jumlah benih subsidi sangat terbatas. Maka itu petani diharapka dapat menggunakan benih yang bersumber dari benih lainya.

Dari acara tersebut, Bupati Asahan juga banyak menerima aspirasi masyarakat Sei Kepayang terkait pertanian. Aspirasi tersebut semuanya bermuara untuk peningkatan pembangunan pertanian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat petani. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar