Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 30 Oktober 2014

Bupati Asahan Kembali Salurkan Dana UMKM

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 144/Humas/SP/2014
Tanggal            : 30 Oktober 2014


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP kembali menyalurkan dana pinjaman bergulir kepada pelaku UMKM, Kamis, 30 Oktober 2014 bertempat di Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Asahan. Dana ini sempat ditunda penyalurannya, karena banyaknya pelaku UMKM yang macet pembayaranya.

Bupati Asahan dalam arahanya mengatakan bahwa penyaluran pinjaman dana bergulir ini khusus diproritaskan kepada para pelaku UMKM yang pinjamannya telah lunas dan tidak mengalami penunggakan.

Hal ini dilakukan agar memberikan motivasi kepada para peminjam yang masih menunggak untuk segera mengangsurnya, sehingga proses perguliran dana pinjaman bergulir akan berjalan sesuai yang diharapkan dan akan menambah kesempatan kepada para pemohon lainya.

Bupatui Asahan juga menyebutkan bahwa selain tanpa agunan untuk memndapat dana bergulir tersebut. Pinjaman dana ini juga memiliki adiministrasi yang sangat rendah, ditambah dengan  tidak ada komisi atau pemotongan saat dana tersebut diserahkan.  Artinya dana yang diterima para pemohon utuh dari Pemkab Asahan melalui buku tabungan Bank Sumut, sehingga diharapkan masyarakat yang meminjam dapat lancar pengembalian dana, maka dana tersebut dapat terus digulirkan kepada pemohon yang baru.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dan UMKM Kabupaten Asahan, Drs H Supriyanto MPd menjelaskan penyaluran kembali dana ini diserahkan kepada puluhan orang pelaku UMKM yang terdiri dari Rp 5 juta, Rp 10 juta dan diatas Rp 10 juta.Terkait dana yang telah tersalurkan, Supriyanto menjelaskan bahwa penyaluran dana bergulir terakhir sudah mencapai Rp 34 miliar lebih yang diterima oleh 7.445 pelaku usaha. 

Penyerahan dana bergulir juga disaksikan oleh Kepala Bank Sumut Kisaran, dan sejumlah Camat yang warganya menerima bantuan dana tersebut. kegiatan dirangkai dengan berdialog dengan para peminjam dana bergulir.(HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar