Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 27 November 2014

Bupati Asahan Minta Penyuluh Pertanian Lapangan Perbaiki Kinerja

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 164/Humas/SP/XI/2014
Tanggal            : 27 November 2014


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP meminta kepada seluruh penyuluh pertanian lapangan (PPL) Kabupaten Asahan untuk memperbaiki kinerja. Pasalnya Bupati menilai masih ada sejumlah PPL yang tidak melakukan penyuluhan.


Permintaan itu disampaikan Bupati Asahan saat membuka pertemuan tehnis PPL se Kabupaten Asahan yang digelar di Hotel Sabty Garden, Kamis, 27 November 2014. “ Saya menilai kinerja sebahagian PPL masih sangat kurang maksimal. Jangan gara-gara sejumlah PPL yang kinerjanya kurang baik membuat semua PPL ikut kurang baik, “ demikian kata Bupati Asahan dihadapan ratusan PPL Asahan.

Bupati menjelaskan PPL itu adalah ujung tombak pembangunan pertanian dan sebagai pembawa teknologi, maka PPL harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang memadai dan yang paling penting dekat dengan petani.

PPL  mitranya petani, maka itu PPL harus dapat beradaptasi dengan masyarakat, bila PPL tidak dekat dengan masyarakat, dipastikan akan banyak timbul persoalan terkait pertanian. Padahal bila PPL aktif dan dekat dengan petani, persoalan petani tidak akan timbul.

Dihadapan PPL seluruh Asahan tersebut, Bupati Asahan juga memaparkan beberapa persoalan yang timbul ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan oleh ulah oknum PPL. Diantaranya pupuk subsidi dijual ke luar daerah, kemudian petugas PPL tidak pernah melakukan penyuluhan kemasyarakat petani, bahkan petugas PPL tersebut tugasnya hanya duduk-duduk di kantor sambil main kartu. “ Ini laporan masyarakat yang diserahkan sama saya secara langsung dan laporan ini dapat dipertanggungjawabkan, “ kata Bupati Asahan.

Maka itu, melalui kegiatan teknis ini, Bupati Asahan menyatakan bahwa  sebenarnya teknis utama yang harus dilakukan adalah teknis perubahan dan perbaikan diri seorang PPL dalam menjalnkan tugasnya. Dan teknis bagaimana PPL dapat lebih dekat dengan petani.

Sementara itu,  Badan Koordinasi Penyulluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yang diwakili oleh kabid pengembangan SDM, Erfison Muis memberikan apresiasi kepada Bupati Asahan yang telah hadir dalam pertemuan tehnis PPL se Kabupaten Asahan, pasalnya dari sejumlah daearah yang menggelar kegiatan tersebut jarang diikuti oleh kepala daerahnya. Apalagi Pemkab Asahan sangat mendukung tugas PPL dengan memberikan sejumlah fasilitas untuk mendukung kinereja para PPL. 

Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Asahan Hazairin mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari. Dan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas PPL dalam melakukan pendampingan dengan petani di wilayah masing-masing

Dalam kegiatan tersebut, hadir anggota DPRD Sumatera Utara, Syamsul Qodri Marpaung Lc, Kepala Dinas Pertanian Asahan, Kepala dinas Peternakan dan Kepala Badan Penyuluhan Asahan. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar