Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Rabu, 26 November 2014

Pemkab Asahan Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 50 Tahun 2014

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 162/Humas/SP/XI/2014
Tanggal            : 26 November 2014


Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 tahun 2014. Kegiatan dipusatkan di sekolah MTS Alwasliyah Jalan MH Yamin Kisaran Pangka Titi, Rabu, 26 November 2014.

Dalam peringatan HKN tersebut, Pemerintah Kabupaten Asahan bersama Dinas Kesehatan mengelar sejumlah kegiatan. Diantaranya gotong royong disekitar sekolah Alwasliyah, demo cucitangan pakai sabun yang dipimpin oleh Duta Cuci Tangan Pakai Sabun, Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang, memberikan pelayanan kesehatan dan KB gratis.

Kemudian kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan pengahrgaan kepada Desa Pemenang lomba pelayanan Desa Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), lingkungan bersih dan sehat (LBS) dan pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (Toga), dialog dengan para ibu hamil dan  acara puncaknya adalah melauncingkan program SMS Bunda.

Peluncuran SMS Bunda bertjuan untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi ibu hamil, agar tetap sehat dan selamat. Dan peluncuran SMS Bunda lansung dilakukan oleh Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dan didampingi Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang dengan membimbing sejumlah ibu hamil untuk mengetik SMS Bunda di nomor 08118 469468.

Selanjutnya peluncuran SMS Bunda ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi wakil Bupati Asahan dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan dilanjutkan dengan penetapan duta SMS Bunda kepada Ketua PKK Asahanyang dilakukan oleh Bupati Asahan.

Bupati Asahan dalam sambutanya mengatakan bahwa persoalan melahirkan memiliki resiko yang cukup besar, bila persoalan melahirkan tersebut tidak diperhatikan dengan baik. Maka itu mari kita perhatikan dengan baik persoalan ibu hamil dan anak dengan mengikuti program SMS bunda, para ibu hamil cukup berteman dengan progam info tepat bunda sehat atau SMS Bunda.
  
Bupati Asahan juga menjelaskan bahwa persoalan kesehatan bukan semata-mata tanggungjawab oleh pihak kesehatan, namun merupakan tanggungjawab semua lapisan masyarakat. “ Kegiatan kesehatan yang dilakukan hari ini tidak terlihat pada saat ini, namun hasilnya dapat dirasakan pada masa mendatang. Maka itu mari kita jaga lingkungan selalu bersih dan pola hidup bersih, “ kata  Bupati Asahan.

 Dalam HKN itu, Bupayi Asahan memberikan hadiah langsung berupa uang tunai bagi bunda yang telah mendaftarakan diri dalam program Sms Bunda, selain itu, bagi ibu hamil yang anak pertama juga mendapat hadiah beruapa seperangat baju bayi, namun harus melahirkan dengan sehat dan Bupati juga memberikan bantuan persalinan kepada salah seorang ibu hamil berupa biaya persalin ditanggung oleh Bupati di Rumah sakit bersalin dr Tunggul.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Herwanto menjelaskan bahwa kegiatan HKN ke 50 ini untuk memberikan motivasi kepada seluruh petugas kesehatan dan masyarakat, agar dalam menjalnkan tugas dapat terus membenahi diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik melalui kemudahan akses dan mutu pelayanan kepada masyarakat Indonesia umunya dan Asahan pada khususnya.Kegiatan juga dihadiri oleh pihak Jhpiego Pusatdan tim leader Jhpiego Provinsi Sumatera Utara, Dr Fatni  Sulani. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar