Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Senin, 26 Maret 2012

Pemkab Asahan Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

Humas Setdakab Asahan
Siaran Pers
Nomor    : 053/Humas/SP/03/2012
Tanggal  :  26 Maret 2012

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten digelar di Aula Melati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan. Musrebang secar resmi dibuka oleh Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, Senin, 26 Maret 2012.


Bupati Asahan dalam arahanya menyatakan bahwa kegiatan Musrenbang merupakan bagian yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan daerah untuk menghasilkan kesepakatan dan komitmen diantara para pembangun (Stakeholders) yaitu Pemda, DPRD, Masyarakat, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha atas program. Pengambilan keputusan dilakukan secara partisistif dengan berpedoman pada sisitem perencanaan pembagunan nasional.

Bupati Asahan juga menjelaskan musrenbang  merupakan rangkaian tahapan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Asahan tahun 2013, apalgi musrebang dilakukan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan dan tingkat Kecamatan. Dalam acara tersebut Bupati Asahan menyampikan empat bidang pembangunan yakni bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang pertanian, kehutanan, UMKM dan koperasi.

Selain dari keempat  bidang tesebut, Pemkab Asahan juga melaksanakan beberapa program pembagunan prioritas lainya, seperti pengembangan kualitas program iman dan taqwa sebagai upaya mewujudkan Asahan yang religius, bantuan keuangan Desa/Kelurahan, melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas kepegawaian dalam mewujudkan birokrasi yang professional, serta puluhan program lainaya. “ Saya sangat beraharp semoga program dan komitmen yang dilakukan Kabupaten Asahan dapat bersinergi dengan provinsi, “ kata Bupati Asahan, seraya mengucapkan terimaksih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam acara musrebang ini.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara ang diwakili oleh kepala bidang soisial dan budaya, Junaidi Muslim mengatakan bahwa dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) dan rencana kerja pemerintah daerah (rkpd) setiap tahun harus diselenggarakan musrenbang baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini, merupakan amanat dari undang-undang  nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN) yang dijabarkan lebih lanjut dalam peraturan pemerintah nomor 40 tahun 2006 tentang tata cara penyusunan rencana pembangunan nasional dan permendagri nomor 54 tahun 2010 tentang petunjuk teknis peraturan pemerintah  nomor. 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah.

Junaidi juga menyapikan di tahun 2013 mendatang pemerintah provinsi sumatera utara telah membuat komitmen untuk mendukung program pembangunan provinsi sumatera utara, yang tertuang pada RPJMD provinsi sumatera utara tahun 2009-2013 yaitu rakyat yang bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, rakyat tidak lapar, rakyat tidak bodoh, rakyat tidak sakit, dan rakyat punya masa depan, dengan  beberapa prioritas pembangunan  yakni, peningkatan kehidupan beragama, penguatan tata kelola pemerintahan

Kemudian partisipasi masyarakat dalam pembangunan, peningkatan aksessibilitas dan kualitas pendidikan, peningkatan aksessibilitas dan pelayanan kesehatan, peningkatan pembangunan infrastruktur mendukung pembangunan ekonomi, revitalisasi pertanian untuk peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan agroindustri/agribisnis, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin

Selanjutnya Junaisi menyampikan bahwa dalam rangka sinkronisasi agenda pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan nasional dan daerah, pemerintah pusat merencanakan akan menyelenggarakan rapat koordinasi pembangunan pusat (rakorbangpus) pada awal bulan april 2012 serta musyawarah rencana pembangunan nasional (musrenbangnas) pada  akhir  bulan april 2012 ini.

“ Kami menghimbau kepada pemerintah kabupaten Asahan agar mempersiapkan usulan program/kegiatan yang dananya bersumber dari APBN serta segera menyampaikannya kepada pemerintah provinsi untuk diproses menjadi rencana kerja (renja) SKPDProvsu dan nantinya akan disampaikan sebagai usulan  APBN 2013 kepada pemerintah, “ kata Junaidi

Tampak hadir Bupati/Wakil Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP/H Surya BSc, Sekdakab Asahan, Asisten, Staf ahli, Kadis Kesehatan Pempropsu, Bappeda Pempropsu, Kadis pendidikan Pempropsu, Kadis pertanian Pempropsu, forum komunikasi pimpinan daerah, SKPD, Camat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan undangan lainnya. (Humas-1)

 Kabag Humas
Setdakab Asahan
Dto
Rhman Halim AP
Penata Muda TK I
NIP : 19760516 199412 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar