Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 06 Desember 2012

Wakil Bupati Asahan Buka Acara Forum Komunikasi Peningkatan Hasil Peternakan Dengan Pihak Perkebunan


Humas Setdakab Asahan
Siaran Pers
Nomor    : 201/Humas/SP/12/2012
Tanggal  : 6 Desember 2012

Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc membuka acara forum komunikasi peningkatan hasil peternakan dengan pihak perkebunan di Hotel Sabty Garden, Kamis, 6 Desember 2012.

 
Dalam bimbingan dan arahan Bupati Asahan yang dibacakan Wakil Bupati Asahan berharap kegiatan dapat melahirkan suatu nota kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Asahan degan pihak perkebunan tentang pemanfaatan areal perkebunan untuk penggembalaan ternak sehingga aka nada suatu aturan yang bisa di pedomani tentang pemanfaatan lahan perekebunan oleh masyarakat.

ntuk mencapai tujuan ini,  Wakil Bupati menjelaskan harus ada pola intergitasi antara perkebunan dengan peternakan sehingga kedua belah pihak saling diuntungkan , khsusnya dalam hal peningkatan efisiensi biaya pengelolaan kebun, produktifitas tanaman dan penimgkatan produktifitas ternak

Kedepan diharapan pihak perkebunan dapat mempelopori pengembangan sector peternakan sapi menjadi sebuah industry yang menghasilkan sebuah produk yang berkualitas, pasalnya hal ini sangat mungkin dilakukan karena perkebunan miliki potensi berlimpah untuk penyediaan pakan ternak sapi, baik dari limbah biomas maupun limbah pabrik kelapa sawit.

Apalagi kebutuhan produk peternakan di Asahan terus meningkat, sehingga jumlah populasi ternak yang ada dimasyarakat belum mampu menyediakan produk daging untuk dapat memenuhi permintaan konsumen yang tinggi sebagai akibat dari terbatasanya sumber pakan di masyarakat. Sementara itu, potensi pakan ternak sangat mendukung di areal perkebunan.

“ Areal perkebunan ada sekitar 130.000 hektar di Asahan. Artinya dengan areal tersebut dapat menampung sekitar 130.000 ekor sapi. Namun hal ini harus didukung dengan nota kesepakatan untuk pemanfaatan areal perekebanan sehingga populasi ternak dapat terus meningkat, “ kata Wakil Bupati, seraya menegaskan bahwa untuk meciptakan hal tersebut diperlukan dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala Dinas Perternakan Asahan Amir Husein meyebutkan tujuan dilaksanakan forum tersebut adalah memperkuat hubungan antara pemerintah Kabupaten Asahan dengan pihak perekebunan yang ada diwilayah Asahan, kemudian untuk mengembangkan sector peternakan khususnya pada areal perekebunan guna peningkatan populasi dan produksi ternak dan memberikan kemudahan bagi peternak dalam memperoleh pakan ternak serta menggembalakan ternaknya diareal perkebunan. Kegiatan ini diikuti oleh 120 peserta yang tediri dari pihak perekebunan, camat, petugas peternakan dan pihak perbakan.(Humas-1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar