Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Rabu, 08 April 2015

Wakil Bupati Asahan Buka Forum Komunikasi Peningkatan Hasil Peternakan

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor             : 052/Humas/SP/IV/2015
Tanggal           : 8 April 2015


Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc membuka kegiatan forum komunikasi peningkatan produksi hasil peternakan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada daging dan meningkatkan populasi ternak.


Wakil Bupati menjelaskan bahwa diketahui sebahagian besar penduduk Asahan berdomisili di pedesaan yang menghandalkan hasil pertanian dan peternakan sebagai sumber pendapatan utama. Apalagi ternak sapi merupakan komoditi utama yang menjadi focus usaha peternakan rakyat, karena mudah dalam pemeliharaan.

Namun, kata Wakil Bupati usaha peternakan rakyat mengalami kendala memperoleh pakan ternak, karena sebagian wilayah Asahan dikuasai oleh pihak perkebunan. Dan belum semua perusahaan perkebunan dapat memberikan izin kepada masyarakat untuk menggembalakan ternaknya diareal perkebunan.

Maka itu, melalui forum tersebut, Wakil Bupati menjelaskan bahwa keberadaan perusahaan perekebuanan yang ada di wilayah Kabupaten Asahan harus mendukung program swasembada daging. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang integrasi usaha perekebuanan dengan usaha budidaya sapi potong.

 “ Kita minta perusahan perkebunan baik PTPN maupun swasta dapat mengikuti aturan tersebut, agar swasembada daging dapat tercapai,” demikian kata, Wakil Bupati di hadapan sejumlah perusahaan perkebunan dan kelompok tani, Rabu (8/4) di aula Marina Hotel.

Selain itu, Wakil Bupati juga meminta kepada masyarakat peternak untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan perkebunan termasuk regulasinya, baik dalam hal peggembalaan ternak maupun  dalam pengambilan hijauan makanan ternak diareal perekebunan sehingga tidak menimbulkan keresahan di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Asahan, Amir Husien menjelaksan bahwa kegiatan diskusi antara perusahaan perkebuanan dengan masyarakat untuk menyatukan persepsi mewujudkan sewasembada daging dan peningkatan populasi ternak sapi potong.

“ Untuk Asahan ada sekitar 80 ribu ekor sapi diakhir tahun 2014. Dan harapan kita populasi ternak terus meningkat di tahun 2015. Maka itu kita berharap dukungan pihak perkebunaan untuk memberikan areal ternak. Maklim Asahan dikelilingi wilayah perkebuanan,” ujar Amir.

Dalam forum tersebut pihak Dinas Peternakan Asahan mengundang narasumber dari Provinsi Sumatera Utara, yakni Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Utara, Drh Parmohonan Lubis yang menyampikan tentang Peraturan Peternakan Republik Indonesia nomor 105/PERMENTAN/PD.300/2014.(HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar