Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Selasa, 22 Desember 2015

Pj Bupati Asahan Kukuhkan PPWK Asahan

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor                  : 179/Humas/SP/XII/2015
Tanggal                : 22 Desember 2015


Pj Bupati Asahan, H Mhd Fitriyus SH MSP mengukuhkan  Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten Asahan periode 2015 hingga 2019, Selasa, 22 Desember 2015 di aula Melati Pemkab Asahan.

Pj Bupati Asahan dalam sambutannya mengatakan keprihatinan itu di dilihat dari banyaknya kalangan yang melihat perkembangan politik, sosial, ekonomi, dan budaya di Indonesia. Kekhawatiran itu semakin nyata ketika menjelajah pada apa yang dialami oleh setiap warga negara, dengan memudarnya wawasan kebangsaan.

"Kehilangan wawasan tentang makan hakekat bangsa dan kebangsaan yang akan mendorong terjadinya dis orientasi dan perpecahan, pada masa ini nampak krisis multi deminsional ini telah memberikan tanda-tanda awal munculnya krisis kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bangsa," jelas Pj Bupati Asahan.

Menurutnya krisi kepercayaan sebagai bangsa ini, lanjut Pj Bupati Asahan,  dapat berupa berupa keraguan terhadap kemampuan diri sebagai bangsa untuk mengatasi persoalan-persoalan mendasar seperti terjadinya degradasi moral serta nilai gotong royong dalam berbangsa dan bernegara.

Oleh sebab itu PPWK dibentuk berdasarkan Permendagri No 71/2012, untuk diarahkan pengembangan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan UUD."Tujuannya, antara lain mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa," jelas Pj Bupati Asahan.

Selanjutnya mengoptimalkan pengembangan dan perbaikan kinerja demokrasi daerah yang berdasarkan pada indeks demokrasi Indonesia. Membangun jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan PWK tingkat lokal, nasional da, dan regional sesuai dengan peraturan."Sasarannya antara lain organisasi politik, organisasi kemasyarakatan /lembaga nirlaba lainnya, PNS , guru/pendidik, serta tokoh agama dan masyarakat," jelas Pj Bupati

Sementara yang jadi Ketua PPWK ini dipegang langsung oleh Asisten I Bupati Asahan Taifik ZA, dan dibantu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama, tokoh pemuda dan beberapa elemen masyarakat lainya. (HUMAS-1)

1 komentar: