Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Senin, 29 Februari 2016

Tiga Puskemas Asahan Naik Status Menjadi Rawat Inap

SIARAN PERS
HUMAS SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 28/HUMAS/SP/II/2016
TANGGAL        : 29 FEBRUARI 2016

Di tahun 2016, ada tiga pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) Kabupaten Asahan meningkatkan statusnya menjadi puskemas rawat inap (RI).

Puskemas tersebut, yakni puskemas Sei Kepayang Timur yang berada di Kecamatan Sei Kepayang,  puskemas Ofa Padang Mahondang berada di Kecamatan Pulau Rakyat dan puskemas Gonting Malaha berada di Bandar Pulau.

Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Hidayat menjelaskan rencananya tahun 2016 Asahan akan meningkatkan 3 puskemas menjadi rawat inap.Rencana tersebut merupakan salah satu untuk mewujudkan visi Pemkab Asahan yakni terwujudnya Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

“ Kalau tidak ada kendala puskemas rawat inap Asahan akan bertambah lagi tahun ini,” demikian kata Kadis, Senin, 29, Februari 2016 di Dinas Kesehatan Asahan.

Kadis mejelaskan rencana kenaikan status tersebut bertujuan untuk meningkatkan status puskemas rawat jalan menjadi rawat inap, semata-mata mendekatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

"Tujuan utamanya jelas untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan cepat dan andal. Kemudian kehadiran puskemas rawat inap juga dilakukan agar masyarakat tidak terfokus ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Manan Simatupang (RSUD AMS) sebab kini RSUD AMS ini, selain menerima pasien dari Asahan juga menerima pasien dari luar Asahan," ungkap Hidayat.

Terkait dengan SDM, Hidayat mengatakan tenaga kesehatan Asahan cukup untuk ditempatkan dipuskemas rawat inap. Tentunya penempatan tenaga medis ini harus dilihat dari kepentingan masyarakat luas dalam hal mendapatkan pelayanan kesehaatan, bukan karena hal kedekatan atau hal lainya.

"Kehadiran Puskesmas menjadi ujung tombak untuk meningkatkan ketersediaan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan didukung oleh sumber daya dan manajemen kesehatan yang andal," kata Kadis.(HUMAS-1)

1 komentar: