Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Senin, 29 Februari 2016

Kabupaten Asahan Aman Dari Virus Zika

SIARAN PERS
HUMAS SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 27/HUMAS/SP/II/2016
TANGGAL        : 29 FEBRUARI 2016

Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menyatakan wilayah Asahan masih aman dari virus Zika. Namun diminta kepada masyarakat Asahan untuk tetap waspada terhadap virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Hidayat, Senin, 29, Februari 2016di dinas setempat, menyatakan persoalan virus zika memang belum ada. Tapi dihimbau kepada seluruh masyarakat Asahan untuk tetap waspada. Pasalnya Asahan memiliki kasus demam berdarah dan Asahan adalah daerah tropis.

Kadis yang didampingi Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Safrin Hutahean menjelaskan penularannya virus zika sama seperti virus demam berdarah, yaitu oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus Dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah Dengue.

Virus zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika.

“ Virus ini sangat bahaya bagi ibu hamil, karena akan berdampak buruk kepada calon bayi. Terutama kepada pertumbuhan tulang dan perekembanagan tubuhnya,” kata Kadis

Kadis meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan untuk tetap berhati-hati dengan virus zika. Dan diharapkan untuk tetap melakukan 3M+T( menguras, mengubur, menutup plus telungkupkan) dilingkungan masing-masing.

“ Mari kita budayakan hidup bersih dan peduli lingkungan. Lakukan 3M+T kepada barang-barang penampung air,” sebut Kadis, sembari mengatakan untuk awal pencegahan sama seperti pencegahan infeksi demam berdarah yaitu pemberantasan sarang nyamuk.(HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar