Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Jumat, 30 November 2012

Tenaga Kesehatan Asahan Komit Turunkan AKI dan AKN

Humas  Setdakab Asahan
Siaran Pers
Nomor    : 195/Humas/SP/11/2012
Tanggal  : 30 November 2012



Pihak kesehatan yang terdiri dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit serta Puskemas melakukan penandatangan kesepakatan kerjasama vanguard, hal ini dilakukan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian neonatal (AKN) di Kabupaten Asahan.
Sebagai pihak pertama dalam kesepakatan yang yang difasilitasi oleh pihak Expanding Maternal and Neonatal Survival (Emas) tersebut, yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan sedangkan pihak kedua yakni Ruma Sakit Umum Daerah Abdul Manan Simatupang dan Rumah sakit umum Ibu Kartini, masing-masing  ditandatangani oleh pimpinan.

Kesepakatan tersebut telah memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam memantapkan system rujukan dan kegawatan daruratan bagi ibu hamil, ibu melahirkan, sehingga persoalan Aki dan AKN dapat menurun. “ Memang para pihak kesehatan sudah komit untuk memperhatikan persoalan ini, “ kata yang Kepala dinas Kesehatan, dr Herwanto didampingi Kabag Humas, Zainal Arifin, Jumat, 30 November 2012.

Kadis Kesehatan mejelaskan bahwa dari kesepakatan yang ditandatangani memiliki beberapa item penting yang harus dilakukan, diantaranya alur rujukan persalinan gawat darurat, pembiayaan pelayanan rujukan, system informasi dan komunikasi rujukan, tugas pokok dan fungsi para pihak serta beberap item  lainya. Diharapkan kesepkatan secepatnya berjalan, khususnya di beberap Puskemas yang telah ditunjuk untuk mengatasi persoalan AKI dan AKN.

Dinas Kesehatan sebagai pihak pertama mengajak semua pihak, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung berupaya memantapkan sisitem rujukan dan kegawatdaruratan kesehatan ibu hamil, melahirkan dan nifas. “ Harapan kita kesepakatan ini kelak mampu memberikan manfaat untuk tujuan yang diharapkan, “ kata Kadis Kesehatan. (humas-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar