Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 13 Desember 2012

Pemerintah Kabupaten Asahan Tanam Sejuta Pohon


Humas Setdakab Asahan
Siaran Pers
Nomor    : 209/Humas/SP/12/2012
Tanggal  : 13 Desember 2012

Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanm Nasioan (BMN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menanam sejuta pohon, hal ini dilakukan untuk mensuskseskan gerakan penanaman 1 milyar pohon (OBIT) pada tahun 2012.


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menyambut baik  gerakan penanaman sejuta pohon di wilayah Kabupaten Asahan, apalagi nantinya gerakan menanam pohon ini akan menghasilkan sebuah program  one village one product (OVOP) di daerah masing-masing. Misalnya bibit yang diserhakan ke Desa adalah bibit pohon mangga, maka kedepan daerah tersebut akan menghasilkan buah mangga, dan hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“ Buah mangga, bukan hanya dimakan begitu saja, tapi dari buah mangga dapat menghasilkan beberapa produk lain, diantaranya kripik mangga, manisan mangga dan lain sebagainya, “ kata Bupati Asahan dihadapan masyarakat Desa Tanah Rakyat, Kecamatan Pulo Bandring , Kamis, 13 Desember 2012

Bupati Asahan menjelaskan bahwa konsep one village one product tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi atau cirri khas di daerah masing-masing yang ada di wilyah Kabupaten Asahan dan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta nilai tambah produk, agar dapat bersaing dengan produk dari luar negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebuanan Kabupaten Asahan, Ir Pantas Sihombing menjelaskan pihaknya sebelumnya sudah  melakukan penanaman pohon disekitar daerah aliran sungai (DAS) sepanjang 8 Kilometer di Desa Bandar Pasir Mandoge yakni penanaman pohon Mahoni sebanyak 4 ribu lebih, Durian 5 ribu, Suren 425 batang.

Penanaman di daerah mangrove di Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut seluas 6 Haktar sekitar 30 ribu batang, Desa Asahan Mati Kecamatan Tanjung Balai 15 hektar sebanyak 75 ribu batang dengan jenis bibit Rhizopora sp. Selanjutnya penanaman pohon yang dilakukan masyarakat sebanyak ratusan bibit serta pembagian bibit kayu-kayuan dan buah-buahan (MPTS) kepada masyarakat sekitar 23 ribu lebih. 

“ Total keseluruhan bibit yang diberikan kepada masyarakat dalam mensuksekan kegiatan gerakan penanaman 1 milyar pohon tahun 2012 sebanyak 1,110,803 batang , “ ungkap Sihombing saat melaporkan kegiatan tersebut kepada Bupati Asahan.(Humas-1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar