Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Rabu, 10 April 2013

Bupati Buka Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan

Humas Setdakab Asahan
Siaran Pers
Nomor    : 263/Humas/SP/04/2013
Tanggal  : 10 April 2013


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP secara resmi membuka acara Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Selasa Malam, 9 April 2013.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan mengatakan Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan ini merupakan salah satu upaya dan sarana untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan di kabupaten Asahan,juga seni nasyid dengan segala syair dan liriknya mengandung nilai-nilai moral religius dan edukatif.

Kemudian sentuhan kata dalam syair nasyid dapat menggugah nurani insaniah,sehingga mampu mempengaruhi manusia untuk melakukan perbaikan dari perilaku yang kurang baik menjadi lebih baik. Disamping itu,seni nasyid juga dapat menjadi benteng masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan moral.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan saya menyambut baik penyelenggaraan festival nasyid ini, semoga festival ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan semakin mendekatkan kita kepada seni budaya Islam, “ kata Bupati Asahan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan kejuaraan festival nasyid bukanlah tujuan akhir, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana seni nasyid dapat berkembang luas di tengah-tengah masyarakat Asahan, tidak hanya di kalangan orang-orang tua tetapi juga generasi muda, tidak hanya di kalangan anak-anak yang berpendidikan Agama tetapi juga di kalangan anak gaul, tidak hanya diperdengarkan dalam kegiatan festival atau perayaan hari-hari besar Islam tetapi juga pada acara resmi lainnya.

“ Inilah tujuan yang sebenarnya dari pelaksanaan festival nasyid,bagaimana agar seni nasyid dapat diminati secara luas dan menjadi gaya hidup ditengah masyarakat, “ kata Bupati, seraya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan festival nasyid ini sebagai momentum untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah,persatuan dan kesatuan. Apabila kita bersatu maka kita akan kuat dan tidak ada persoalan yang tidak dapat kita selesaikan secara bersama.

Dari kegiatan festival nasyid, Bupati Asahan mengharapkann akan melahirkan peserta yang berkulitas untuk mengikuti festival tingkat provinsi atau nasional. Untuk duta nasyid Asahan yang  nantinya Pemkab Asahan akan merekrut dari beberapa peserta festival. “ Yang juara bukan secara otomatis akan mewakili ketingkat berikutnya, namun beberapa peserta akan dicampur sesuai kualitas yang dilihat dewan juri, Sehingga Asahan nantinya akan melahirkan tim nasyid yang solid dan sempurna mengatasnamakan Asahan dengan harapan akan keluar sebagai juara nantinya, “ kata Taufan.

Panitia Penyelenggara Festival Nasyid, Zainal Aripin Sinaga mengatakan festival nasyid merupakan salah satu program Pemkab Asahan dalam rangka meningkatkan seni kearifan lokal yanh sejak dulu telah ada di Bumi Asahan. Festival nasyid dikuti oleh 25 Kecamatan dengan golongan Putra dan Putri, untuk peserta putra sebanyak 21 tim, putrid sebanyak 25 tim. “ Peserta yang terbaik nantinya akan diberi piagam penghargaan, tropy dan uang tunai, “ kata Zainal seraya mengatakan kegiatan dilakukan mulai 9 hingga 12 April 2013.(HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar