Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Jumat, 14 Maret 2014

Penyaluran Dana BSM Kabupaten Asahan Dipantau BPK dan Kemendikbud



Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 035/Humas/SP/03/2014
Tanggal            : 14 Maret 2014
                                       
Penyaluran dana bantuan siswa miskin (BSM) Kabupaten Asahan dipantau langsung oleh pihak Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal ini terlihat kehadiran pihak BPK dan Kemendikbud dalam acara penyaluran BSM untuk siswa se Sumatera Utara di Kabupaten Asahan, bertempat di Gedung Olahraga Kisaran, Jumat, 14 Maret 2015.

Dari data yang disampaikan Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaqfirin menjelaskan bahwa pada tahun 2014 Kabupaten Asahan menerima dana BSM sebesar Rp 18 Miliar lebih, BSM ini disalurkan kepada 32 ribu lebih siswa-siswi mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tngkat Atas (SLTA).

Penerimaan BSM tersebut setiap tingkatan sekolah bervariasi, tingkat SD menerima Rp 450 ribu pertahun yang diterima oleh 22 ribu lebih siswa, SMP sebesar Rp 750 ribu pertahun untuk 7 ribu lebih siswa, sedangkan tingkat SMA/SMK menerima BSM Rp 1 juta pertahun, untuk SMA sebanyak 2 ribu lebih dan SMK sebanyak 6 ratus lebih pelajar.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud berharap kepada ribuan siswa yang menerima BSM dapat memanfatkan dana tersebut dengan baik sehingga nantinya bisa mengarah menjadi keluarga yang maju.

Sedangan pihak BPK- RI, Sjafruddin Mosii sebagai auditor Utama Keuangan VI menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap dana BSM. Pasalnya BSM tersebut sangat rawan dengan penyelewengan dan penyalahgunaan, sehingga BPK akan terus melakukan pengawalan. “ Kita kawal uang negara ini hingga sampai ke tangan penerima, agar uang tersebut dapat dimanfaati untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “ kata pihak BPK.

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP berharap dengan tersalurnya BSM yang merupakan program nasional bertujuan menghilangkan halangan siswa miskin untuk bersekolah dengan cara membantu siswa tersebut mengakses pendidikan yang layak serta mencegah siswa putus sekolah.

“ Mari kita dukung program pendidikan nasional ini, hal ini merupakan tanggung jawab kita semua, khususnya bagi para pendidik dan pejabat, “ kata Bupati Asahan, sembari mengajak untuk mensukseskan visi dan misi Pemkab Asahan yaitu masyarakat yang religius, sehat, cerdas dan mandiri dapat terwujud.

Acara dirangkai dengan penyerahan dana BSM secara simbolis kepada masing-masing tingkatan sekolah. Dan langsung diserahakan oleh Bupati Asahan, DRS H Taufan Gama Simatupang MAP, pihak dari BPK, dan Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (HUMAS-1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar