Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Selasa, 02 Desember 2014

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kecamatan Se-Kabupaten Asahan Dikukuhkan



Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor              : 167/Humas/SP/XII/2014
Tanggal            : 2 Desember 2014

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mengkukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan se-Kabupaten Asahan priode 2014-2018, Selasa, 2 Desemnber 2014 diaula Melati Pemerintah Kabupaten Asahan.


Bupati Asahan dalam sambutannya mengatakan FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakt yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspaan dini masyarakat, yakni kepekaan, kesiagaan dan antispiasi dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya becana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

“ FKDM memiliki peran yang sangat penting dalam upaya memelihara kekondusifan daerahnya. Maka itu FKDM memliki hak memberikan rekomendasi ke Camat terkait persoalan kewaspadaan dini masyarakat, “ kata Bupati Asahan.

Keberadaan FKDM memiliki peran yang sangat penting dalam upaya memelihara kehidupan bermasyarakat yang kondusif di tingkat Kecamatan masing-masing. Ma ak itu FKDM memiliki tugas diantaranya menjaring, menampung mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data daan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, keamanan, gejala alam dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

Kemudan FKDM juga memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi Camat mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat. Maka itu pihak Kecamatan diminta harus dapat bekerjasama dengan FKDM. Karena FKDM merupakan ujung tombak untuk menyerap aspirasi masyarakat, mulai dari hal yang kecil hingga yang besar.

Bupati Asahan menjelaskan bahwa dengan terus bekerjasama dengan FKDM, berarti Camat dan FKDM sudah membantu meringgangkan persoalan Pemerintah. Contohnya Pihak Kecamatan dan FKDM dapat melakukan pemeriksan dini keberadaan rumah kost yang diduga sebagai tempat yang kurang baik, kemudian dampak kenaikan BBM ditengah masyarakat dan lain-lain.

“ Disini Camat diharapakan kecepatan pemikiran  untuk mengambil kebijakan untuk melakukan pencegahan dini persoalan ditengah masyarakat. Sehingga persoalan yang timbul di tengah masyarakat tidak berdampak besar, “ kata Bupati Asahan, sembari berharap FKDM dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam upaya memberikan kenyaman kepada masyarakat dan mengucapkan selamat bertugas dengan baik.

Acara pengukuhan FKDM Kecamatan tersebut dirangkai dengan pemberian materi kepada seluruh anggota FKDM oleh pihak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar