Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Selasa, 17 Februari 2015

Bupati Asahan Berharap Pembangunan PLTB Asahan Atasi Krisis Listrik di Sumut

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor             : 025/Humas/SP/II/2015
Tanggal           : 17 Februari 2015


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP berharap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTB) yang dilakukan di Kabupaten Asahan dapat mengatasi persoalan listrik, khususnya di Asahan umumnya Sumatera Utara (Sumut).

Harapan tersebut disampikan Bupati Asahan pada acara ground breaking (PLTB) di unit usaha Pasir Mandoge. “ Atas nama Pemkab Asahan dan masyarakat kami ucapakan terimakasih dan bangga kepada pihak PTPN. Karena dengan dibangunanya PLTB ini maka secara otomatis krisis listrik di Sumut dapat diatasi, “ kata Bupati Asahan, Selasa, 17 Februari 2015.

Dalam pelaksanaan pembangunan PLTB yang dilakukan pihak PTPN IV Kebun Bandar Pasir Mandoge tersebut, Bupati Asahan menegaskan, pihaknya siap membantu dan mendukung pekerjaan proyek yang pendanaannya dari Build Operate Transfer (BOT). Mulai dari soal perizinan, pantauan lingkungan, kehutanan dan perkebuanan serta pelayanan terhadap pembangunan tersebut.

“ Silahkan pihak perusahaan berhubungan dengan Dinas yang terkait. Kami siap membantu pembangunan PLTB ini. Dan saya minta Camat harus bertanggungjawab atas pembangunan PLTB ini, “ ungkap Bupati Asahan.

Direktur Utama PTPN IV, Erwin Nasution berharap PLTB secepatnya dibangun. Agar dapat segera dimanfaatakan oleh masyarakat secara luas dalam hal kebutuhan listrik sehingga Asahan tidak lagi kekuranag listrik, begitu juga daerah Sumut.“ Kami sudah lama mengimpikan hal ini. Dan bila PLTB ini sukses, kami akan bangun di beberapa daerah wilayah PTPN di Asahan. Sehingga Sumut tidak lagi mengalami krisis listrik,” sebut Erwin.

Sementara itu, Direktur Utama Karya Mas Energi, Yudistira memaparkan,  pembangunan PLTB ini akan memanfaatkan limbah cair kelapa sawit pihak PTPN. Selama ini limbah menjadi persoalan lingkungan, namun dengan dibangunanya PLTB limbah yang memiliki gas mentan akan dimanfaatkan sebagai energy listrik. Pengoperasian PLTB ini nantinya akan diserahkan kepada pihak perusahaan setelah 10 tahun.

Acara dirangkai dengan penekanan tombol serine tanda dimulainya pembangunan PLTB dan pihak perusahaan juga menyerahkan ratusan bibit pohon jambu madu kepada Bupati Asahan yang selanjutnya diserahakan kepada masyarakat. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar