Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 23 April 2015

Bupati Asahan Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas

Siaran Pers
Humas Setdakab Asahan
Nomor             : 058/Humas/SP/IV/2015
Tanggal           : 23 April 2015


Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTB) di areal PT Saudara Sejati Luhur, grup Asian Agri, Kecamatan Rahuning, Desa Batu Anam, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.


Bupati Asahan mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dan masyarakat mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada perusahaan yang telah mewujudkan PLTB yang memiliki kapasitas 2 MW.

“Ini salah satu perusahaan yang telah menyelesaikan persoalan limbahnya. Bahkan limbanya dijadikan energy alternative. Dan inilah perusahaan yang diharapkan oleh dunia,” kata Bupati Asahan saat meresmikan PLTB tersebut, Kamis, 23 April 2015  dihadapan jajaran perusahaan dan masyarakat setempat.

Dengan dioprasikannya PLTB, Bupati Asahan berharap PLTB dapat memberikan kontribusi bagi Negara dalam mengatasi krisis energy listrik khususnya menuntaskan kekurangan energy listrik di Kabupaten Asahan. Kedepan Pemkab Asahan akan membicarakan krisis listrik tersebut dengan perusahaan, pasalnya Asahan memiliki program tuntas listrik.

Dan Pemkab Asahan akan terus mendukung dan mendorong para investor melakukan hal yang baik di Asahan. Kemudian perusahaan juga meminta untuk dapat memperhatikan sekitar lingkungan dan persoalan yang timbul dari lingkungan. Hal ini dilakukan untuk kepentingan lebih luas dan masa depan.

Sementara itu, Regional Head Plantation I Asian Agri, Ikom Widiarsa mengatakan bahwa PLTB ini diwujudkan sebagai bukti komitmen perusahaan mendukung sawit berkelanjutan dan membantu pemenuhan energi. Melihat potensi ini Asian Agri langsung mengambil langkah besar dengan membangun lima pabrik PLTB sekaligus dan salah satunya berada di Kecamatan Rahuning atau di PT Pabrik Gunung Melayu.

Di Sumut ada dua PLTB, selain di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan, ada di Negeri Lama Dua, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Labuhan Batu yang dewasa ini pembangunannya sedang dalam perampungan. Tiga PLTB lainnya, masing-masing satu di Jambi (sudah operasional) pekan lalu dan dua unit lagi di Riau. Masing-masing PLTB dihasilkan dengan teknologi ‘digester tank’ dan ‘An MBR tank’ (teknologi dari Jepang).

Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian dana CSR kepada masyarakat dan hiburan berupa tarian dari pelajar setempat serta kunjungan distand kegiatan CSR perusahaan dan mendengarkan penjelaskan cara pengoperasian PLTB (HUMAS-1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar