Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Rabu, 16 Maret 2016

Bupati Asahan Buka Seminar Pengembangan Kewirausahaan Pemuda



SIARAN PERS
HUMAS SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 41/HUMAS/SP/III/2016
TANGGAL        : 16 MARET 2016

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP membuka secara resmi seminar pengembangan kewirausahaan pemuda yang digelar oleh Disporabudpar Asahan, Rabu, di aula Hotel Sabty Garden Kisaran, Rabu, 16 Maret 2016.

Bupati Asahan dalam seminar tersebut mengajak masyarakat Asahan, khususnya para pemuda untuk terus menggali potensi diri, agar kedepan menjadi pemuda yang sukses dan kuat serta mandiri.

“ Pemuda Asahan harus bisa sukses, jangan malas, apalagi menjadi pemuda yang tukang fitnah, jadilah pemuda yang kuat dan tangguh,” kata Bupati dihadapan seratusan pemuda.

Bupati mengajak seluruh peserta yang rata-rata pemuda Asahan untuk menggali pengalaman dan banyak bertanya kepada nara sumber yang mengisi seminar. Apalagi salah satu narasumber merupakan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan begitu juga dengan narasumber lainya.

“ Sebagai pemuda yang ingin sukses tentunya harus memanfatkan momentum seminar ini. maka itu saya minta gali pengalaman narasumber,” ucap Bupati, sembari berharap kegiatan nantinya dapat meningkatkan pembagunan ekonomi dan pengembangan kewirausahan di Asahan.

Sementara itu, narsumber yang merupakan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kemaritiman Prof.Dr.Ir.Rokhmin Dahuri, MSC, menilai bahwa Indonesia belum mampu melakukan transformasi struktural ekonomi, sehingga terjadi involusi petani dengan menurunnya pendapatan petani dari waktu ke waktu.

"Oleh sebab itu, tidak ada kata terlambat. Indonesia mestinya mampu melakukan transformasi struktural ekonomi dengan gemilang. Untuk itu harus dilakukan dengan merevitalisasi seluruh sektor ekonomi yang ada saat ini, supaya lebih produktif, efisien, berdaya saing, berkeadilan, ramah lingkungan dan berkelanjutan," jelas Rokhmin. 

Caranya, kata Rokhmin, memastikan seluruh unit usaha, khususnya UMKM, harus memenuhi skala ekonomi, menerapkan teknologi mutakhir, manajemen sistem rantai suplai secara terpadu. "Pada hakekatnya kita memiliki kekayaan dan budaya dan keindahan alam yang luar biasa besarnya," jelas Rokhmin.

Dengan potensi itu, lanjut Rokhmin, Pemuda Kab Asahan harus mampu memanfaatkan peluang, dan melihat potensi yang ada, sehingga bisa mampu menggunakan kesempatan, untuk berwirausaha. Karena banyak pemuda dalam negeri melakukan evolusi dan berhasil.

Selain Rokhmin, menjadi pembicara dalam seminar yang digelar oleh Dinas Disporabudpar Asahan adalah Prof Dr Ramli, SE, MS, yang membahas Meningkatkan Semangat Pemuda Terkait dengan Mutu SDM Sebagai Dampak Menghadapi Pasar Bebas Khususnya Pasar Masyarakat Ekonomi Asean (HUMAS-1)

1 komentar: