Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Rabu, 09 November 2016

Wabup Asahan Buka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat

SIARAN PERS
SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 355/HUMAS/XI/SP/2016
TANGGAL        : 9 NOVEMBER 2016

Wakil Bupati (Wabup) Asahan, H Surya BSc membuka sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang dipusatkan di aula Hotel di Kisaran, Selasa, 8 November 2016.


Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia melalui Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan tersebut Wabup meminta kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih obat yang bakal dikonsumsi dan waspada dengan produk obat illegal.
  
Wabup menjelaskan pengobatan sendiri yang dilakukan oleh masyarakat secara tidak tepat dan tidak disertai informasi yang memadai dapat menyebabkan tujuan pengobatan tidak tercapai. Namun jika dilakukan dengan benar dapat mendukung upaya pembangunan kualitas hidup manusia oleh pemerintah seperti yang tercantum dalam nawa cita Presiden Republik Indonesia.

"Saya yakin, Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan telah menjalankan fungsinya masing masing dalam memantau penyebaran obat-obatan sehingga visi misi Kabupaten Asahan dapat terlaksana dengan baik yakni terwujudnya Asahan yang sehat," kata Wabup.

Wabup menyebutkan sebagaimana diketahui terlepas dari aman atau tidaknya setiap obat maka harus disadari setiap obat dapat menjadi racun yang berbahaya bilamana pemakaiannya tidak didukung oleh cara pemakaian yang benar.

"Oleh sebab itu bagi orang awam perlu diberikan informasi tentang hal apa saja yang diperlukan dalam usaha untuk memperoleh pengobatan secara optimal. Selain mendapatkan informasi sangat penting antara masyarakat dengan petugas medis yang paham dengan obat obatan," kata Surya kembali.

Mengakhiri sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat ini sangat penting bagi masyarakat untuk mempertahankan hidup sehat yang nantinya akan berpengaruh dalam berbagai hal.

Acara sosialisasi dihadir diantaranya Plt Direktur Rumah Sakit Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran dr Elfina Tarigan M Kes, Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Kasi Kefaramasian dan Alat Kesehatan Dra Siti Armaini, dan Direktur Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI, Heru Sunaryo. Kegiatan terebut juga diikuti oleh puluhan tenaga kesehatan dan kelompok masyarakat, para awak media. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar