Pemkab Asahan Mengucapkan

Tetaplah menyatu janganlah ingin terpecah belah,
Capai hari esok bangsa yang cerah

Kamis, 15 Desember 2016

Pemkab Asahan Canangkan Sei Jawi Jawi Sebagai Kampung KB

SIARAN PERS
SETDAKAB ASAHAN
NOMOR           : 373/HUMAS/XII/SP/2016
TANGGAL       : 15 DESEMBER 2016

Pemerintah Kabupaten Asahan canangkan Desa Sei Jawi Jawi Kecamatan Sei Kepayang Barat sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan kampung KB ini disaksikan oleh perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, TP PKK Asahan, sejumlah pimpinan FKPD, Camat dan masyarakat desa setempat, Kamis, 15 Desember 2016 di Desa Sei Jawi Jawi.


Dalam amanat Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP yang disampaikan Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan, pencanangan Desa Sei Jawi Jawi sebagai kampong KB tidak sekedar seremoni, melainkan bisa menjadi percontohan bagi Desa-Desa lainnya di Kabupaten Asahan dalam mensukseskan program KB, yakni Dua Anak Cukup.

"Ini merupakan langkah  untuk menekan agar pertumbuhan penduduk tidak terus bertambah, maka diharapkan peran serta dari semua pihak sangat dibutuhkan ," ujar Wakil Bupati Asahan H Surya BSc.

Lanjutnya, Kampung Keluarga Berencana (KB) diperlukan diseluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Asahan, sebab keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

"Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga, jangan hanya berhenti pada pencanangan, tapi harus ada aksi dan gerakan" ujar Wakil Bupati.

Wabup juga berharap aparatur pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana (PPKB) dari tingkat Kecamatan sampai desa senantiasa memberikan kesegaran dalam pikiran dan tingkah laku dalam mengajak masyarakat memahami pentingnya membangun keluarga yang terencana.

Sementara itu, Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP&KB) Syaifuddin Tarigan dalam laporannya menerangkan, pencanangan kampung KB adalah satu kegiatan setingkat desa atau kampung yang memiliki criteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana dan pemberdayaan keluarga (KKBPK) dengan membangun sector terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

“Untuk itu, marilah kita sambut gembira desa Sei Jawi Jawi Kecamatan Sei Kepayang Barat ini dicanangkan oleh Pemkab Asahan sebagai kampung KB  yang bakal menjadi percontohan desa desa lain,”ujarnya.  

Selanjutnya, perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Lusi menuturkan, pencanangan Kampung KB merupakan instruksi Presiden RI, Joko Widodo, di mana program KB diharapkan kembali digalakkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Saat ini, angka bayi lahir di Indonesia cukup tinggi, tidak terkecuali  Kabupaten Asahan, karenanya angka kelahiran itu tentu saja dapat ditekan melalui semangat masyarakat dan pemerintah kabupaten Asahan dengan pencanangan kampung KB di Desa Sei Jawi Jawi Kecamatan Sei Kepayang Barat ini,” katanya. (HUMAS-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar